Contact Us : 0812 56 161720

Wednesday, August 22, 2012

Inilah yang Harus Diwaspadai Wisatawan di Pantai Parangtritis

Inilah yang Harus Diwaspadai Wisatawan di Pantai Parangtritis

Kamis, 23 Agustus 2012, 08:41 WIB
www.mediajurnalindonesia.com
Inilah yang Harus Diwaspadai Wisatawan di Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
REPUBLIKA.CO.ID,  BANTUL -- Sedikitnya ada empat lubuk laut (cekungan laut) di sepanjang Pantai Parangtritis Yogyakarta. Lubuk laut ini menurut anggota tim search and resceu (SAR) Pantai Parangtritis Adri Ivanto, kedalamannya mencapai 1-2 meter. Menurutnya ada empat titik lubuk pantai di pantai sepanjang 1,5 kilometer tersebut.

"Ada di sisi Timur dekat karang, tengah ada dua dan yang paling dalam di sisi Barat," jelasnya, Kamis (23/8).

Menurutnya, lubuk laut inilah yang sering menelan korban. Wisatawan yang mandi di pantai agak ke tengah sering terseret ombak dan masuk ke lubuk tersebut. "Kita sudah peringatkan, tetapi sering wisatawan tidak mengindahkan," tegasnya.

Lubuk laut di Pantai Parangtritis ini menurutnya sudah menelan lima korban hingga H+4 lebaran. Meski kelima wisatawan itu bisa diselamatkan namun hal tersebut harusnya bisa dihindari.

Untuk meminimalkan laka laut sendiri kata dia, Tim SAR mendirikan empat pos pengawasan di dekat lubuk laut tersebut. Pos pengawasan ini selalu dijaga oleh petugas Tim SAR. Sedikitnya ada 54 anggota tim yang bertugas selama libur lebaran tahun ini.

Untuk sarana pengamanan dan pemantauan wisatawan Tim SAR Parangtritis memiliki tiga unit motor operasional dan satu perahu. Namun saat ini perahu tersebut tengah dalam perbaikan karena rusak.

Diakuinya, pada musim libur lebaran tahun ini pengunjung Pantai Parangtritis Yogyakarta bisa mencapai 13 ribu orang dalam seharinya. Puncak libur lebaran diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (25/8) dan Ahad (26/8) mendatang.
Redaktur: Heri Ruslan
Reporter: Yulianingsih
 http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/08/23/m96q0h-inilah-yang-harus-diwaspadai-wisatawan-di-pantai-parangtritis

Visitor Online

promotion and affiliation
Visitor Map
Create your own visitor map!

Ruang Tanya Jawab