Contact Us : 0812 56 161720

Sunday, September 2, 2012

Desmond Tutu Minta Bush dan Blair Diadili Atas Kejahatan Perang di Irak


Desmond Tutu Minta Bush dan Blair Diadili Atas Kejahatan Perang di Irak

Editor | Senin, 03 September 2012 - 07:45:39 WIB | dibaca: 252 pembaca
Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Uskup Agung Desmond Tutu mengatakan Tony Blair dan George W Bush harus diajukan ke Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag, Belanda atas keterlibatan mereka dalam perang Irak.

Dalam tulisannya di sebuah harian, Tutu menuduh mantan Perdana Menteri Inggris dan Presiden AS itu berbohong terkait soal adanya senjata pemusnah massal yang terdapat di Irak.

Tutu menambahkan kebijakan militer mereka di Irak telah membuat kondisi dunia lebih tidak stabil dan kondisi ini katanya jauh lebih buruk dari dampak seluruh konflik yang pernah terjadi.

Uskup Agung Tutu mengatakan Blair dan Bush harus diadili karena telah mengakibatkan korban tewas yang cukup besar sejak operasi militer dilakukan di Irak pada tahun 2003 lalu.

Dia melihat ada perlakukan yang berbeda ketika kebijakan ini diambil oleh pemimpin dari Afrika dan Asia.

Menurut Tutu jika langkah ini diambil oleh pemimpin dari dua benua itu maka akan ada proses pengadilan di Den Haag, Belanda untuk mempertangungjawabkan perbuatan mereka.

Sebelumya Uskup Agung Desmond Tutu pada pekan lalu menjadi pembicaraan setelah dia menarik diri dari acara pertemuan tinggkat tinggi tentang perdamaian di Johannesburg, Afrika Selatan karena menolak berbagi panggung untuk pidato dengan Tonny Blair yang dinilainya bertanggung jawab pada terjadinya perang Irak.

Tony Blair membalas pendapat Tutu lewat sebuah artikel yang diterbitkan oleh sebuah harian di Inggris.

Dalam artikel itu dia membela semua keputusan yang telah dibuatnya terhadap Irak.(fq/bbc)
http://eramuslim.com/berita-desmond-tutu-minta-bush-dan-blair-diadili-atas-kejahatan-perang-di-irak.html

Visitor Online

promotion and affiliation
Visitor Map
Create your own visitor map!

Ruang Tanya Jawab