Advertisement

Responsive Advertisement

Habis Salat Jumat, Protes Film Anti-Islam Memanas

Habis Salat Jumat, Protes Film Anti-Islam Memanas

TEMPO.CO, Bangladesh - Pengamanan di Bangladesh hari ini, Jumat, 14 September 2012 diperketat, karena setelah salat Jumat dikhawatirkan jumlah pengunjuk rasa semakin membengkak.
Demonstrasi yang lebih besar kemarin, Kamis, 13 September 2012 juga terjadi di Bangladesh. Ribuan warga berunjuk rasa di depan kantor Kedutaan Amerika di ibu kota Dhaka. Namun, polisi berhasil menahan para demonstran sebelum mendekati gedung kedutaan.

Situasi memanas ini disebabkan film The Innocence of Muslims yang menghina Nabi Muhammad, menyebabkan Presiden Afganistan, Hamid Karzai, membatalkan kunjungannya ke Norwegia. “Penundaan kunjungan Presiden Karzai untuk mengantisipasi insiden di beberapa negara Arab selama beberapa hari terakhir,” tutur Kementerian Luar Negeri Norwegia.

Pemerintah Afganistan juga mendesak YouTube memblokir film tersebut. Upaya ini untuk meredam terjadinya konflik seperti yang berlangsung di Libya dan Mesir sejak Selasa lalu, 11 September 2012.

Sekitar 100 pengunjuk rasa membakar bendera Amerika Serikat. Para demonstran yang sebagian besar mahasiswa memukul bendera dengan sepatu lalu membakarnya di depan masjid Baitul Mokarram, masjid terbesar di Bangladesh. Para demonstran meneriakkan, ”Allah Maha Besar”, “Kami tidak menerima pengejek Nabi Muhammad”, dan “Ganyang Imprealisme Amerika” secara terus-menerus. Mereka juga menutup sebagian dari jalan utama di Bangladesh.
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/14/115429444

SEARCH...

Postingan terbaru