Joko Widodo (ANTARA)
 Kita bisa menciptakan `success story` di DKI, nanti akan ditiru daerah lain. Hal itu akan menunjukkan wajah Indonesia yang berbeda."
Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menyambut inisiatif Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) terkait pemetaan sosial yang ada di ibu kota guna dapat dicarikan solusi penanganannya.

Tenaga Ahli Mensos bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Kehumasan Drs Sapto Waluyo, MSc di Jakarta, Sabtu kepada ANTARA menjelaskan, sambutan atas program Jokowi itu disampaikan ketika Mensos menerima mantan Wali Kota Solo itu.

"Saya `sowan` (berkunjung) ke pak Mensos karena banyak masalah sosial di ibu kota. Saya sudah temui warga di bantaran Sungai Ciliwung. Mereka bilang siap pindah, asal jangan jauh-jauh dari lokasi semula. Kita perlu menatanya," ujar Jokowi, seperti dikutip Sapto.

Ia mengatakan, inisiatif Jokowi disambut Mensos karena sejak 2010 Kementerian Sosial sudah intensif memetakan masalah sosial warga di pinggir kali Ciliwung.

"Bahkan sudah dilakukan pemulangan sebagian warga di pinggir rel kereta api Pejompongan. Tentu saja, penataan ibu kota membutuhkan keterlibatan banyak pihak, pemerintah pusat (Kemsos dan Kemenpera), Pemda DKI, LSM dan pihak swasta," katanya.

"Kita bisa menciptakan `success story` di DKI, nanti akan ditiru daerah lain. Hal itu akan menunjukkan wajah Indonesia yang berbeda," tambah Mensos.

Jokowi kemudian mengiyakan apa yang disampaikan Mensos, dan menyatakan akan menegur kepala dinas terkait yang pasif dan hanya menunggu masalah.

Ia berterima kasih kepada Mensos yang telah meluncurkan program nasional di wilayah DKI, seperti bebas anak jalanan melalui cara persuasif dan pemberdayaan keluarga miskin.

Jokowi menawarkan suatu hari bisa kunjungan lapangan bersama-sama dengan Mensos.

Mensos sendiri menyatakan sudah biasa "blusak-blusuk" (keluar-masuk) ke kampung kumuh, berdialog dengan "manusia gerobak" (gelandangan-pengemis) di bawah jalan layang.

Bahkan, Mensos memberi bantuan kepada warga Kampung Apung yang selama 22 tahun belum pernah ditengok gubernur DKI sebelumnya.


Sering Bersama

Mensos Salim Segaf Al Jufri menyambut Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang datang ke kantor Mensos di Jalan Salemba 28, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/10).

"Kami sudah sering bertemu, jika saya tugas ke Solo atau Jawa Tengah. Sekarang saya yang menyambut, padahal tadinya saya mau kunjungi gubernur baru," kata Mensos, yang ditemani tiga Direktur Jenderal (Rehabilitasi Sosial, Pemberdayaan Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial) serta staf khusus.

Jokowi datang sendiri berkemeja putih, sementara pengawalnya menunggu di mobil Innova hitam.

Sebelum memasuki ruang kerja Mensos, Jokowi didaulat foto bersama oleh pegawai dan tamu Kemsos yang lewat di lobi.

Staf Khusus Mensos, Drs Musholi punya kesan tersendiri, di mana saat pelantikan Jokowi pekan lalu jalan terasa sepi, karena banyak warga berkumpul di sekitar Kebon Sirih, gedung DPRD DKI.

"Baru dilantik saja, jalan sudah nggak macet. Apalagi kalau sudah `action`," celetuk Musholi, yang membuat Jokowi dan Mensos tertawa terbahak-bahak. (ANT)
Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2012
Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com